Mengapa Kiyosaki Merekomendasikan Bisnis Jaringan?

Kiyosaki dan Bisnis Jaringan

Siapa yang tidak kenal dengan Robert T. Kiyosaki, yang terkenal dengan bukunya Rich Dad Poor Dad, yang telah menginspirasi banyak orang melalui tulisan maupun seminar-seminar yang ia bawakan. Kiyosaki  tidak kaya lewat bisnis jaringan, lalu mengapakah ia merekomendasikan bisnis jaringan untuk kita?

Menutup Pikiran terhadap Bisnis Jaringan

Ada hal yang menarik dalam pembahasan ini. Dalam bukunya ‘The Business School – for people who like helping other’ Kiyosaki menyatakan dengan jelas bahwa sebelumnya ia juga tidak suka dan tidak mau tahu tentang bisnis networking. Dan ia katakan semua ini terjadi karena ia menutup pikirannya terhadap bisnis ini.

Perubahan Pikiran terhadap Bisnis Jaringan

Perubahan pikiran terjadi ketika Kiyosaki bertemu dengan temannya, Bill, seorang yang sudah sangat kaya dari investasi real estatenya. Kiyosaki bingung, mengapakah Bill mau bergabung dalam bisnis networking? Hingga akhirnya ia menanyakan hal ini secara langsung kepada Bill.

Jawaban Bill sangat sederhana, ia bergabung dalam bisnis ini bukan karena uangnya tetapi karena ia ingin menolong orang lain. Wow! Helping other people? Bagaimana caranya bisnis ini bisa menolong orang lain. Mungkin ini juga terbersit dalam pikiran kita ketika mengenal konsep bisnis ini.

Bill memaparkan lagi bahwa ada banyak orang yang ingin bekerja sama dengan dirinya, tetapi tidak semua orang bisa join dalam bisnisnya. Bisnisnya itu memerlukan modal yang besar padahal banyak orang ingin bekerja sama tetapi tidak memiliki dana sama sekali. Kalaupun ada, dananya mungkin tidak cukup untuk investasi di real estate.

Bisnis jaringan ternyata sangat unik. Dan teman Kiyosaki ini memaparkan bahwa melalui bisnis ini;

1. Ia bisa membantu orang lain untuk sukses

2. Ia bisa membantu dirinya sendiri, karena ketika ia bisa membuat orang lain sukses otomatis usahanya akan makin bagus

3. Ia suka belajar dan mengajar, dan disinilah ia merasakan semua itu, sekolah bisnis kehidupan nyata yang sangat bagus

Pikiran Kiyosaki Terbuka

Pikiran Kiyosaki makin terbuka setelah pertemuannya dengan Bill. Ia kemudian mulai menyelidiki bisnis ini. Sempat ia temukan bahwa di sini banyak penjual mimpi palsu, penipu, perayu, dan pemberdaya yang ingin cepat kaya saja. Tetapi semua ini tidak menutup pikirannya dan menyelidiki lebih lanjut tentang bisnis ini.

Kiyosaki menemukan bahwa bisnis ini ternyata peluang usaha yang adil dan sama untuk semua kalangan. Dan karena kegigihannya, akhirnya ia bertemu dengan orang-orang yang paling cerdas, beretika, profesional, bermoral, dan sangat peduli dengan orang lain. Pertemuan ini membuatnya sadar betul bahwa bisnis jaringan adalah bisnis yang real, yang terbuka untuk siapa saja, dan sebuah sekolah kehidupan bagi mereka yang peduli dan ingin menolong orang lain.

Silahkan simak video ini untuk kejelasannya (NB: Business Networking tidak harus MLM, tapi dikarenakan diterjemahkan oleh pemain MLM, otomatis dipelesetkan ke MLM)

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *