Apa itu Bisnis Jaringan?

apa itu bisnis jaringan

Apa itu bisnis jaringan atau business networking? Bisnis jaringan adalah suatu sistem atau cara untuk meningkatkan bisnis Anda dan membangun hubungan pribadi untuk membawa Anda pada suatu bisnis baru. Konsep ini terdengar sederhana namun ada kekomplekskannya juga, berhubung ini melibatkan membangun dan membina hubungan atau relationship dengan pribadi lainnya.

Pikirkan tentang hal ini . Berapa banyak orang yang Anda kenal? Berapa banyak orang-orang benar-benar memahami apa yang Anda lakukan? Berapa banyak orang-orang ini telah mengarahkan prospek kepada Anda sebagai referensi? Dan berapa banyak dari referensi itu yang benar-benar telah berubah menjadi bisnis bagi Anda?

Bisnis jaringan lebih dari sekedar muncul di berbagai situasi untuk berjabat tangan dan mengumpulkan sekelompok kartu nama.

Sebagai contoh, bayangkan dua orang menghadiri sebuah acara, dan mereka ruangan itu menjadi dua bagian kerja. Lalu mereka berpisah, masing-masing mengambil setengah ruangan. Pada akhir acara, mereka bertemu lagi untuk melihat berapa banyak dan siapa saja kartu nama yang telah mereka kumpulkan.

Pernahkah Anda bertemu dengan orang-orang demikian? Tentu saja. Mungkin kita juga pernah di dalam kelompok tersebut. Apa yang mereka capai? Hanya sekumpulan kartu nama yang akhirnya akan tersimpan di rak, di laci, di tempat sampah, atau yang lebih parah lagi, semua data mereka masukan ke dalam komputer dan mereka melakukan ‘spamming.’ (Spamming adalah mengirim email ke berbagai orang secara acak dan ngawur – menurut pengertian admin).

Mengapa hal ini bisa terjadi? Apakah kartu nama sungguh-sungguh mewakili sesuatu? Ia hanyalah selembar kertas dengan tinta dan gambar di atasnya. Sama sekali tidak ada hubungan yang terbentuk di dalamnya. Startergi bisnis jaringan demikian tidaklah efektif sama sekali. Sebagian orang akhirnya frustasi karena harapan dan kenyataan sepertinya tidak sejalan.

Bisnis jaringan atau bisnis networking haruslah memiliki strategis yang jitu dan juga harus fokus supaya ada pertumbuhan bisnis didalamnya. Tidak semua orang yang Anda temui dapat membantu bisnis Anda bergerak maju – tetapi segala sesuatu yang Anda lakukan dapat mendorong Anda untuk lebih maju lagi. Anda memiliki kontrol sepenuhnya dengan siapa Anda mau bertemu, dimana harus bertemu, dan bagaimana Anda mengembangkan dan meningkatkan hubungan yang saling menguntungkan. Anda memiliki kontrol yang sepenuhnya tentang apa yang harus Anda lakukan. Dan itulah bisnis networking.

Bisnis jaringan menuntut Anda untuk proaktif. Inti dari networking adalah melakukan sesuatu secara rutin dan berkelanjutan (fokus) untuk membangun hubungan guna pertumbuhan bisnis Anda. Membuat rencana, fokus, dan konsisten adalah hukum yang wajib. Ketika Anda memahami hal ini dan bersiap dengan segala tantangan yang ada didalamnya, Anda akan mendapatkan kesempatan yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Dan Anda akan membuat pertumbuhan yang stabil dalam bisnis Anda dan membuat investasi yang tak ternilai tentunya.

Incoming search terms:

apa itu bisnis jaringan,pengertian hubungan bisnis,bisnis jaringan adalah,pengertian jaringan bisnis,pengertian jaringan dalam bisnis,arti jaringan di dalam bisnis,apa arti jaringan bisnis,Arti jaringan bisnis,apa yang dimaksud bisnis jaringan,apa yang di maksud dengan bisnis jaringa
Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *